Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian

Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi teknologi mutakhir di bidang Pertanian (Agriculture) dan Sistem Pangan mengadopsi teknologi 4.0 yang dapat menghubungkan berbagai sektor dan berbagai disiplin ilmu dalam upaya untuk mengatasi tantangan bidang pertanian dan pangan abad ke-21, antara lain mencakup : (1) Teknik Pertanian dan Bioteknologi (Agriculture Engineering and Biotechnology); (2) Pertanian Organik (Organic Agriculture); (3)  Agroindustri dan Agribisnis (Agro industry and Agribusiness); (4) Nutrisi Ternak (Animal Nutrition); (5)  Produksi Ternak (Animal Production); (6) Kesehatan Hewan (Animal Health); (7) Teknologi Hasil Pertanian (Agriculture of Technology); (8)  Keamanan Pangan (Food Safety and Security); (9) Teknologi Informasi bidang Pertanian (IT for Agriculture); (10) Energi Baru dan Terbarukan (Renewable and Novel Energy); (11) Kehutanan (Forestry); (12) Perikanan dan Kelautan (Fishery and Marine); (13) Pertanian Lahan Kering (Dryland Farming); (14) Hortikultura (Horticultural) ; (15) Perkebunan (Plantation) ; dan (16) Pengolahan Limbah Pertanian (Agricultural Waste Treatment). Diharapkan kompetisi ini dapat menarik kepedulian dan minat civitas akademika dari berbagai disiplin ilmu untuk ikut serta berkontribusi mencari solusi permasalahan bidang pertanian (Agriculture) dan sistem pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Kompetisi diarahkan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk pertanian dengan penerapan teknologi 4.0 yang berwawasan lingkungan. Adapun maksud kompetisi ini untuk mendorong mahasiswa berkreasi mengembangkan teknologi otomasi yang inovatif guna mengatasi berbagai tantangan di bidang pertanian yang meliputi sektor pertanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

Bentuk Luaran Teknologi

Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software) Teknologi bidang pertanian, baik dalam bentuk alat/produk jadi, purwarupa (prototype), model/desain, dan sistem.

Pelaksanaan Lomba

  • Peserta mengusulkan proposal lomba sesuai dengan sistematika (Lampiran 1).
  • Proposal dikirim ke panitia dalam bentuk pdf melalui web https://AITEC.polije.ac.id
  • Seleksi babak I berupa desk evaluation
  • Proposal yang telah dinyatakan LOLOS desk evaluation masuk seleksi babak II.
  • Seleksi babak II adalah progress pembuatan inovasi teknologi dalam bentuk video dalam format MP4 dengan durasi 5 sampai 10 menit, rasio 16:9, dan resolusi minimal 720p (1280 x 720)
  • Video dikirim ke panitia melalui web https://aitec.polije.ac.id
  • Sepuluh peserta terbaik akan diundang dalam BABAK FINAL yang dilaksanakan secara luring di Politeknik Negeri Jember.
  • Seluruh finalis wajib mengikuti Technical Meeting yang diselenggarakan sebelum babak final dilaksanakan.
  • Babak final meliputi pemaparan dan demo teknologi inovasi yang dapat dibantu dengan alat jadi, purwarupa (prototype), model/desain, dan system.
  • Semua kegiatan final akan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Peserta

Peserta kompetisi terbuka untuk mahasiswa aktif dari semua disiplin ilmu, baik perorangan maupun tim (2 – 4 orang). Setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan lebih dari satu peserta.

Sistem Kompetisi

  • Kompetisi dilakukan dalam tiga babak, yaitu seleksi proposal (desk evaluation), seleksi progress, dan seleksi final
  • Penilaian dalam kompetisi ini dilakukan oleh Panel Juri independen
  • Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Kriteria Penilaian

Aspek-aspek yang dinilai dalam kompetisi ini meliputi :

  • Inovasi (kebaharuan, kreativitas)
  • Teknologi (metode, cara kerja, logika)
  • Optimasi (efisiensi, efektivitas, ergonomik)
  • Aplikatif (kemudahan penerapan)
  • Originalitas (berpotensi patent)
  • Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan (Environment friendly dan Sustainability)
  • Aspek sosial (kearifan lokal)
  • Kemanfaatan dan potensi Komersialisasi
  • Sesuai dengan tema